Kamis, 25 Oktober 2012 - 11:54:42 WIB
Guru Sabar Guru Galak
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 1466 kali

Guru adalah seorang yang memberikan ilmu kepada seseorang pencari illmu. Di sekolah guru mempunyai dua peran yaitu sebagai orang tua sekaligus sebagai pengajar. Ada guru sabar ada guru galak. Guru yang sabar bagi siswa di sekolah artinya adalah guru yang tidak pernah memarah-marah karena PR atau tugasnya tidak dikerjakan. Sedangkan guru galak adalah guru yang selalu memarahi mereka karena mereka tidak mengerjakan tugas rumah atau sering melanggar peraturan sekolah.

                Apakah yang terjadi jika guru sabar sedang mengajar di  kelas?

                Ketika guru sedang mengajar dan menjelaskan pelajaran di kelas para siswa cenderung tidak kosentrasi dan tidak menghiraukan penjelasan. Jika hal ini yang terjadi maka yang terjadi adalah situasi kelas cenderung ramai karena siswanya bicara sendiri-sendiri.

                Ketika guru sedang memberikan tugas kepada siswa, siswa cenderung tidak mengerjakan tugas karena tidak ada hukuman, guru cenderung lebih menasehatinya tanpa menghukum. Tanpa adanya hukuman dari guru yang sabar inilah yang menyebabkan siswa menyepelekan pelajaran dan tugas-tugasnya.

Pada umumnya guru yang tipe seperti inilah yang disukai para siswa. Karena bagi para siswa guru semacam ini tidak akan menjadi beban bagi mereka, tidak ada alasan untuk takut kepada mereka

 

Apa yang terjadi jika guru galak sedang mengajar di kelas?

Ketika guru galak sedang mengajar di kelas maka situasi kelas cenderung diam karena tidak ada yang berani berbicara ketika guru sedang menjelaskan pelajaran di kelas. Ketika guru sedang memberikan tugas rumah siswa cenderung takut tidak mengerjakan tugas karena takut mendapatkan hukuman dari guru galak.

Pada umumnya guru bertipe seperti ini cenderung lebih tidak disukai siswa karena siswa merasa terkekang dan tidak bebas ketika di kelas maupun di luar kelas. Guru seperti inipun sering dimusuhi para siswanya karena mereka merasa telah dibelenggu dan dibatasi kebebasannya.

 

Disadari atau tidak mari kita renungkan bersama mana yang lebih baik dari kedua tipe guru tersebut. Para siswa kadang memusuhi guru galak, mereka tidak berpikir dan tidak pernah terpikirkan oleh mereka bahwa guru yang semacam inilah yang sebenarnya lebih memperhatikan mereka. Coba kita lihat kalau ada guru menghukum muridnya karena tidak mengerjakan tugas, salahkah guru tersebut? Hukuman tersebut diberikan semata-mata agar siswa tersebut menjadi rajin dan tidak malas.

                 




    0 Komentar :


    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)