Senin, 29 Oktober 2012 - 10:08:23 WIB
Kebersihan syarat hidup nyaman
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 1105 kali

Kebersihan merupakan hal penting dalam kehidupan. Karena kebersihan merupakan  salah satu aspek penting bagi manusia untuk mewujudkan hidup sehat. Kebersihan adalah satu syarat penting pula untuk mewujudkan rasa nyaman dan bersih. Namun selama ini yang terlihat malah sebaliknya, banyak sekali orang-orang yang mengabaikan kebersihan lingkungan khususnya disekitar mereka. Sudah menjadi pemandangan yang biasa jika melihat ada banyak sampah berserakan bahkan hingga membentuk gunungan. Seiring berjalannya waktu, masalah sampah ini semakin hari semakin menumpuk. Namun nasi telah menjadi bubur, sampah sudah mengelilingi lingkungan kita. Kitapun sebagai generasi muda juga agak sulit untuk merubah lingkungan kita ini karena masyarakatpun agaknya tidak mempunyai keinginan untuk mejaga dan melestarikan lingkungannya. Pencemaran lingkungan ini berawal dari sampah yang sering kita anggap remeh seperti bungkus permen misalnya, sehingga kita dengan gampang membuang sampah dengan seenaknya.

Ada sebuah pepatah mengatakan “jika ingin mengubah sifat orang lain, mulailah dari diri sendiri”. Sebenarnya kebersihan lingkungan itu dimulai dari diri kita sendiri, dimana kesadaran itu sangat perlu sekali dimiliki oleh setiap orang.

Ada banyak sekali hal yang menyebabkan kurangnya kebersihan lingkungan, sebagian besar dari kerusakan itu adalah ulah dari manusia sendiri yakni seperti halnya membuang sampah sembarangan saperti yang telah saya ulas tadi, memakai kendaraan bermotor yang berlebihan (saat tidak terlalu perlu), membangun pabrik-pabrik industri yang mengeluarkan banyak limbah, membuang limbah yang bersifat berminyakm ke laut maupun sungai, dan lain-lain. Hal yang kedua dan ketiga tersebut cenderung merupakan polusi udara, sedangkan yang terakhir cenderung mencemari air (polusi air). Berbagai macam dampak dapat timbul dari kebiasaan-kebiasaan tersebut, seperti timbulnya berbagai macam penyakit, banyaknya komunitas hewan air mati seperti Ikan, memicu berbagai bencana alam. Bahkan akhir-akhir ini sering pula kita mendengar berita bahwa banyak sekali daerah-daerah di Indonesia yang tengah menghadapi kekeringan, faktor penyebabnya bukan hanya karena mata air didaerah tersebut tidak mengeluarkan air, namun faktor air sungai yang tercemar pun juga dapat menjadi penyebabnya. Dengan tercemarnya air sungai tersebut, air sungai yang setidaknya masih dapat digunakan tersebut menjadi tidak layak pakai.

Apakah orang Indonesia akan terus seperti ini? Terjepit dalam keadaan yang mengenaskan seperti ini. Jika tidak ada langkah awal yang diambil oleh pemerintah maupun masyarakat itu sendiri, maka terima saja bila Indonesia tidak akan pernah mengalami kemajuan, baik dalam tingkat sumber daya manusia, lingkungan maupun teknologinya. Oleh karena itu dibutuhkan sekali kerjasama antara anggota masyarakat, ataupun perlu tindak lanjut dari pemerintah kita dalam menangani hal ini. Pemerintah seharusnya bertindak tegas demi mewujudkan citra Indonesia sehat dan nyaman sehingga dapat dilirik oleh negara lain didunia. Yang dilihat bukan mau apa tidaknya masyarakat untuk memperbaiki itu semua, tetapi lebih kepada bisa atau tidaknya mereka memulai.

Seperti yang kita ketahui bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman, dimana dalam kalimat itu tersirat bahwa bila kita sebagai orang islam tentunya harus bisa menjaga lingkungan sekitar agar kita juga mendapat hikmah dan pahala dari kegiatan tersebut. Kebersihan lingkungan semestinya sudah ditanamkan sejak dini agar budaya kebersihan dan cinta lingkungan mendarah daging pada generasi-generasi muda, khususnya Indonesia.

(Slamet Danang)




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)