Sabtu, 13 April 2013 - 07:54:57 WIB
Belajar dari Pengalaman Masa Kecil Antar Peneliti Wanita Ini ke Kancah Dunia
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 919 kali

Jakarta --- Sri Fatmawati penerima fellowship international L’Oreal – UNESCO for Woman in Science (FWIS) pada tahun 2013, telah terpilih menjadi pemenang dari ribuan ilmuwan wanita lainnya dari seluruh dunia. Menurutnya, menjadi pemenang L’Oreal-UNESCO for Woman In Science adalah pencapaian sebuah impian, karena ini adalah sebagai bukti bahwa para peneliti perempuan Indonesia sama baiknya dengan para peneliti Internasional lainnya.

“Kemenangan ini memberikan kesempatan kepada Saya untuk melanjutkan penelitian di Paris dan mudah-mudahan dapat membawa perubahan dalam dunia kedokteran melalui sains,” ujar wanita yang akrab dipanggil Fatma ini.

Fatma menceritakan kehidupannya semasa kecil yang menjadi awal dari penelitiannya. Untuk menjaga kesehatan kesegaran badan, semasa kecilnya ibu Fatma selalu memberikan ramuan tradisional yang terbuat dari bahan-bahan alami. Kekuatan penyembuhan dari jamu membuat Ia tertarik untuk mencari tahu mengenai bahan-bahan alami tersebut. Dan penelitiannya berlanjut hingga sekarang.

Fatma memulai karirnya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Sedang untuk riset pasca sarjananya, Ia jalani di Indonesia dan Jepang, dan berhasil mendapatkan gelar Ph.D dalam Agro-Environmental Sciences. Menurutnya alam adalah inpirasi sejatinya, sehingga penelitiannya selalu merujuk pada analisa potensi medis dari bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuhan dan jamur, terutama yang digunakan dalam obat-obatan herbal.

Presiden Direktur PT L’Oreal Indonesia, Visma Sharma mengatakan, kisah Fatma sangat inspiratif. Pengalamannya semasa kecil yang sering diobati jamu-obat tradisional Indonesia yang berasal dari bahan-bahan alami, seperti akar-akaran, dedaunan, kulit kayu maupun buah-buahan kekuatan penyembuhan dengan bahn alami, memberi inspirasi untuk cita-citanya sehingga menjadi seorang ahli kimia dan telah membentuk karirnya di bidang sains.

Proposal riset Sri Fatmawati yang memenangkan penghargaan international FWIS yang berdasarkan bahan alami, dan berkat kemenangannya Fatmawati diberikan kesempatan untuk melanjutkan penelitiannya pada spons yang ditemukan di samudera Indo-Pasifik. Penelitiannya mungkin akan memberikan hasil obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti malaria, infeksi, kanker dan Alzheimer. Jadi penelitiannya mengarah pada hasil yang menjanjikan, maka hasil tersebut akan dipatenkan untuk memungkinkan dilakukan sintesis sebagai senyawa obat potensial. (AB)




1 Komentar :

virsale.com
26 Juni 2017 - 01:54:26 WIB

ӏ'm really enjoying the design ɑnd layout оof your weЬsite.
It's a verʏ еasy on the eyes which makes it much more enjoyable for me to
come hеre and visit more oftеn. Diid you hire οut a
developer to create your theme? Supеrb work!
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Masukkan 7 kode diatas)